5 Tips Penting Melindungi Mata Setelah Extension Bulu Mata

December 19, 2021

Siapa yang tidak terpesona memandang mata indah dengan bulu mata yang lentik dan lebat. Karenanya, kaum wanita kerap berusaha ekstra untuk membuat tampilan bulu mata mereka terlihat sempurna. Namun begitu, tak semua wanita punya cukup waktu ataupun kesabaran untuk memulaskan makeup ke bulu mata mereka, begitu pula untuk memasang bulu mata palsu. Mereka umumnya lebih memilih melakukan eyelash extension (menyambung bulu mata). Alasannya karena hasil extension bulu mata dinilai lebih terlihat alami, praktis dan tahan lama. Tak heran salah satu treatment kecantikan yang tergolong mahal ini masih trending hingga kini.

Meski trending, bukan berarti eyelash extension bebas risiko. Zat yang terkandung dalam lem perekat khusus yang digunakan dalam proses pemasangan dapat menyebabkan iritasi hingga infeksi jika perawatan yang dilakukan setelah pemasangan kurang tepat. Selain itu ada pula risiko rontoknya bulu mata asli akibat beban bulu mata imitasi yang disambungkan ke bulu mata asli terlalu berat. Nah, agar pembaca yang tertarik melakukan eyelash extension terhindar dari hal-hal tersebut, dibawah ini kami telah merangkum beberapa tips penting untuk melindungi mata setelah eyelash extension khusus untuk kamu.

Tips Melindungi Mata Setelah Extension Bulu Mata

Berikut 5 tips penting dari Ruhee untuk melindungi mata setelah extension bulu mata yang bisa kamu coba.

1. Hindari Kebiasaan Menyentuh Mata

Setelah eyelash extension terpasang sempurna sebaiknya kamu mulai menghindari kebiasaan menyentuh atau mengucek mata. Sebab, kebiasaan buruk ini dapat membuat lem perekat eyelash extension rapuh. Akhirnya bulu mata jadi cepat rontok. Bukan hanya bulu mata imitasinya saja lho yang rontok tapi bulu mata aslimu juga ikut rontok. Lagipula, tanganmu belum tentu selalu dalam kondisi bersih kan? Menyentuh mata dengan tangan yang kotor itu dapat membuat bakteri masuk ke mata dan menyebabkan iritasi atau infeksi. Jadi hindari ya!

2. Jaga Kebersihan Bulu Mata Secara Rutin

Banyak dari pengguna eyelash extension jadi malas membersihkan bulu mata karena khawatir tampilan bulu mata extension rusak dan tak sempurna setelah dibersihkan. Hal ini sangat disayangkan mengingat bakteri pada bulu mata yang kotor dapat membahayakan kesehatan mata. Untuk kamu ketahui, saat ini sudah ada lash detox. Sejenis busa pembersih khusus eyelash extension yang bisa kamu gunakan dengan mudah. Kamu cukup melapisi bulu mata extension mu dengan busa pembersih ini menggunakan brush khusus dan diamkan selama beberapa menit,  kemudian bilas. Nanti semua kotoran dan minyak yang menempel di bulu mata extension akan luruh bersama air bilasan. Dijamin bersih tanpa merusak tampilannya.

3. Batasi Penggunaan Makeup

Batasi penggunaan makeup mata pada bulu mata extension jika kamu termasuk yang malas membersihkan bulu mata. Sebab, makeup mata cenderung susah dibersihkan. Daripada kotoran menumpuk di bulu mata karena makeup yang tak dibersihkan dengan sempurna, lebih baik batasi penggunaannya selama eyelash extension masih terpasang.

4. Gunakan Sabun Bayi Untuk Mencuci Wajah

Selama eyelash extension terpasang, sebaiknya gunakan sabun bayi untuk mencuci wajah. Karena formulanya yang sangat ringan dan bebas iritasi terbukti lebih aman jika terkena mata. Kamu jadi tak perlu mengucek mata kalau sabun sampai terkena mata. Bulu mata extension pun aman dari kerusakan.

5. Segera Cek ke Dokter Jika Mengalami Iritasi

Setelah pemasangan eyelash extension mungkin saja mata kamu mengalami iritasi karena kandungan lem yang menyebabkan alergi. Gejala mata iritasi bisa ditandai dengan mata yang kemerahan disertai rasa perih atau gatal. Bila mengalami gejala ini, kamu harus segera cek ke dokter ya! Jangan ditunda apalagi dibiarkan, bisa-bisa malah infeksi parah nanti.

Itulah 5 tips untuk melindungi mata setelah extension bulu mata yang penting kamu ketahui. Demi mata yang tidak hanya cantik tapi juga sehat, jangan disepelekan ya!

Subscribe to
our news & promotions

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
© Ruhee
Ruhee (PT Jelita Intan Ayu) is part of PT inspirasi Untuk Wanita
Konsultasi via WhatsApp