Simak, Hukum Sulam Alis Halal atau Haram?

March 31, 2023

Sulam alis merupakan perawatan yang bisa dilakukan untuk mempercantik alis. Dengan melakukan perawatan ini kamu bisa mendapatkan alis yang lebih tebal dan rapi. Namun, ada beberapa pertimbangan yang biasanya dipikirkan oleh sebagian orang sebelum melakukan perawatan ini, yaitu tentang hukumnya.

Apakah kamu ingin melakukannya namun masih penasaran dengan bagaimana hukum halal dan haramnya? Tak perlu khawatir karena disini akan menjelaskan secara rinci mengenai perawatan ini dan hukumnya. Yuk cari tahu lebih lanjut mengenai hal tersebut!

Sekilas Mengenai Prosedur Sulam pada Alis

Sulam alis adalah prosedur kosmetik semi permanen yang melibatkan menanamkan pigmen warna ke lapisan kulit di bawah alis dengan menggunakan jarum kecil. Prosedur ini bertujuan untuk membuat tampilan alis yang lebih penuh, tebal, dan alami.

Perawatan ini dapat juga membantu untuk mengisi kekosongan pada alis yang tipis atau tidak terdefinisi dengan baik. Prosedur ini harus dilakukan oleh brow artist profesional menggunakan teknik khusus untuk menanamkan pigmen warna ke lapisan kulit yang lebih dalam. Warna pigmen yang digunakan juga bisa disesuaikan dengan keinginan.

Sulam alis biasanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam dan hasilnya dapat bertahan selama 1-2 tahun, tergantung pada jenis teknik sulam yang digunakan, jenis pigmen warna, dan kondisi kulit. Perawatan ini disukai karena bisa bertahan lama sehingga tak perlu lagi repot-repot menggambar alis setiap hari.

Untuk melakukan prosedur yang aman, pastikan untuk berkonsultasi dengan salon sulam alis terdekat yang terpercaya, seperti Ruhee. Ruhee juga sudah mengikuti standar keamanan dan sanitasi yang ketat untuk menghindari risiko infeksi atau komplikasi lainnya selama prosedur berlangsung.

Bagaimana Hukumnya?

Prosedur kosmetik ini dilakukan dengan menanamkan pigmen warna di bawah kulit dengan menggunakan jarum kecil untuk membuat tampilan alis yang lebih penuh atau definisi yang lebih jelas. Hukum sulam alis yaitu dibolehkan asalkan dilakukan untuk alasan yang sah dan tidak melanggar prinsip-prinsip Islam.

Dalam Islam, terdapat prinsip-prinsip tentang mempercantik diri dan merawat tubuh. Jika perawatan ini dilakukan dengan alasan yang sah dan tidak melanggar prinsip-prinsip Islam, seperti untuk mengatasi masalah medis atau ketidaksempurnaan fisik, maka sulam alis dapat diterima .

Namun, hal ini perlu dipertimbangkan dengan hati-hati, karena terdapat risiko atau efek samping dari perawatannya. Oleh karena itu, lakukan perawatan hanya pada salon yang terpercaya untuk memastikan bahwa prosedur dilakukan dengan aman dan steril.

Namun, ada juga sebagian pendapat yang menyampaikan bahwa perawatan ini haram karena merubah ciptaan Tuhan dan menggunakan jarum seperti pada tato alis. Penggunaan jarum ini dianggap menyakiti diri sehingga dilarang untuk dilakukan.

Selain itu, pada prosedur ini juga ada yang mengharuskan melakukan pencukuran pada kondisi alis tertentu. Sehingga, karena adanya prosedur pencukuran ini menjadi haram untuk dilakukan. Wanita Islam tidak diperkenankan untuk mencukur rambut alis karena dianggap mengubah ciptaan Tuhan.

Kesimpulan

Jadi, kesimpulannya perawatan ini diperbolehkan jika untuk mengatasi masalah medis atau ketidaksempurnaan fisik. Namun, akan menjadi haram jika alasan untuk melakukannya diluar alasan tersebut. Jadi, hal ini kembali lagi kepada kepercayaan dan alasan kamu untuk melakukannya.

Itulah penjelasan hukum mengenai hukum dari sulam alis. Jika kamu ingin melakukannya maka pastikan hanya pada salon yang terpercaya, seperti Ruhee. Kamu akan ditangani langsung oleh brow artist yang profesional serta menggunakan alat dan bahan yang steril sekaligus aman.

Subscribe to
our news & promotions

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
© Ruhee
Ruhee (PT Jelita Intan Ayu) is part of PT inspirasi Untuk Wanita
Konsultasi via WhatsApp