Simak 4 Manfaat Foot Massage untuk Relaksasi

December 19, 2021

Kaki sebagai tumpuan utama tubuh, merupakan bagian yang paling sering diabaikan. Melakukan pijat kaki atau refleksi akan sangat membantu. Dalam cara modern, pijat kaki dilakukan dengan foot massage. Kaki mendominasi sekitar 25% tulang dan tempat bagi setidaknya 15 ribu ujung saraf serta 100 lebih otot, maka dengan memberikan pijatan, tidak hanya kaki, tapi juga bagian tubuh lain juga dapat merasakan manfaatnya. Faktanya, selain membuat kaki dan tubuh lebih sehat, foot massage spa ternyata juga membantu dalam meredakan stres dan emosi negatif. Untuk tahu lebih banyak, simak beberapa manfaat dari foot massage sebagai salah satu bagian dari teknik relaksasi.

4 Manfaat foot massage untuk relaksasi

Berikut 4 manfaat foot massage yang mengejutkan dalam proses relaksasi:

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Ada lebih dari 100 otot di kaki dan saat kaki lelah, otot mulai tegang dan menghambat aliran darah. Terutama bagi kamu yang sering menggunakan sepatu hak tinggi atau yang memiliki ujung runcing. Jadi jika kamu memutuskan untuk memijat kaki saat otot kaki mulai tegang karena kelelahan, foot massager adalah pilihan terbaik. Karena saat kaki menerima pemijatan yang tepat, otot-otot tersebut akan lebih rileks. Aliran darah dan oksigen ke kaki sampai seluruh tubuh meningkat dan mengendurkan otot serta tendon yang kaku. Termasuk meredakan sebagian besar ketegangan pada seluruh bagian kaki dan tubuh. Terlebih jika pemijatan dilakukan secara rutin, maka fleksibilitas dan kekuatan pergelangan kaki juga akan meningkat. Peningkatan ini selanjutnya akan membantu sistem getah bening dan darah untuk membuang racun dan memicu tubuh supaya rileks. Jadi tidak hanya untuk kaki, tapi juga seluruh area tubuh akan merasakan manfaat pijat kaki. Lebih dari itu, pijat kaki juga mampu merangsang sistem limfatik secara keseluruhan dan mencegah varises.

  1. Melawan Depresi

Saat otot-otot kamu mulai rileks berkat foot massager terbaik, ini akan menjadi pemicu pelepasan hormon perasaan senang, sehingga hormon penyebab stres akan menurun. Dalam pijat refleksi, ada sejumlah titik di kaki yang ketika dipijat mampu memperbaiki gejala depresi, seperti kegelisahan. Akhirnya, hal itu membantumu meningkatkan suasana hati dan merasa lebih baik. Menurut sebuah penelitian, pijatan lembut mampu mencairkan kelelahan dan ketegangan yang terjadi pada tubuh dan perasaan kamu. Sebagai contoh, area antara bola kaki dan jempol yang ketika menerima pijatan berpengaruh terhadap kesehatan mental dan stabilitas emosional. Maka jelas jika pijat kaki memang dapat membantu mengontrol hormon stres sehingga kesehatan mental kamu terjaga.

Simak 4 Manfaat Foot Massage untuk Relaksasi

  1. Meringankan Gejala PMS dan Menopause

Sudah bukan hal asing jika selama PMS (Premenstrual Syndrome), suasana hati wanita sering berubah-ubah. Ada kalanya sedih dan lekas marah sehingga sulit ditebak dan lebih emosional. Namun ternyata, sindrom seperti ini dapat diatasi dengan mendapatkan foot massager. Karena pemijatan teratur pada beberapa titik di kaki sangat efektif memperbaiki perubahan suasana hati. Tidak hanya gejala PMS, gejala menopause seperti hot flashes juga dapat ditangani melalui pijat kaki secara teratur. Selain itu juga ada beberapa gejala PMS dan menopause yang sama sehingga dapat teratasi hanya dengan satu kali pemijatan. Contohnya seperti insomnia, lelah, depresi, cemas, dan sakit kepala. Gejala-gejala tersebut akan mereda setelah kamu melakukan foot massage.

  1. Membantu Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

Pijat kaki dapat membantu dalam mengobati kaki yang mengalami gangguan neurologis. Gangguan pada kaki  membuat seseorang kesulitan tidur, contohnya adalah kaki yang tertarik, berdenyut, serta adanya dorongan untuk menggerakkan kaki. Karena itu, jika titik-titik tertentu di kaki dipijat, maka akan mampu meningkatkan kualitas tidur. Titik tersebut adalah di sekitar jempol kaki dan titik refleksi telapak kaki. Untuk hasil yang lebih baik, coba gunakan minyak zaitun, minyak kelapa hangat, atau minyak mustard untuk membantu proses pemijatan. Karena minyak tersebut mudah meresap jauh ke dalam kulit. Pemijatan pada area kaki juga berfungsi memberimu energi dengan melepas penyumbatan yang menahan energi. Maka saat hati kamu tenang, sirkulasi darah stabil, dan saraf-saraf mengendur, kamu akan terdorong untuk bersantai dan tidur lebih nyenyak.

Menakjubkan, bukan? Bagaimana foot massage membantu proses relaksasi kamu secara keseluruhan. Maka segera dapatkan manfaat luar biasa lainnya dengan melakukan pijat kaki.

Subscribe to
our news & promotions

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
© Ruhee
Ruhee (PT Jelita Intan Ayu) is part of PT inspirasi Untuk Wanita
Konsultasi via WhatsApp