Alis Nyambung: Pengertian, Mitos, Fakta, dan Perawatannya

April 22, 2024

Dulu, alis nyambung masih dianggap aneh, namun saat ini memiliki alis jenis ini sudah bukan lagi masalah. Bahkan, beberapa artis Bollywood ternama, Kajol dan pelukis terkenal Meksiko, Frida Kahlo menjadikannya sebuah tren. Selain kecantikannya yang tak biasa, mereka berdua dikenal karena alis yang menyatu di tengah.

Nah, apakah kamu juga punya alis nyambung? Yuk, kita bahas apa itu alis nyambung, mitos, fakta, dan bagaimana perawatannya!

Apa itu Alis Nyambung?

Alis nyambung atau unibrow adalah alis yang terlihat seperti satu garis panjang di atas hidung, menyatukan dua alis yang seharusnya terpisah. Alis nyambung adalah variasi alami dalam penampilan manusia dan dapat terjadi pada siapa saja, apapun jenis kelamin, ras, atau usianya.

Selain itu, preferensi orang terhadap alis itu beragam – ada yang menyukai alis tipis, ada yang tebal, dan ada juga yang tidak keberatan dengan unibrow

Mitos Alis Nyambung 

Sekarang, mari kita bahas beberapa mitos tentang alis nyambung:

1. Alis Nyambung Tidak Menarik

Ingat, cantik itu tidak selalu mengikuti standar umum! Alis nyambung juga bisa cantik, dan bahkan di beberapa budaya, alis nyambung itu disukai.

2. Alis Nyambung Tanda Kurang Merawat Diri

Tidak selalu! Alis nyambung bisa terjadi karena faktor genetik, perubahan hormon, atau memang bawaan lahir. Tidak ada hubungannya dengan kebersihan.

3. Alis Nyambung Tidak Bisa Diubah

Ada banyak cara mengatasi alis nyambung, mulai dari perawatan sederhana sampai yang lebih permanen seperti threading, waxing, atau laser.

4. Alis Nyambung Memiliki Kepercayaan Diri yang Tinggi

Rupanya, alis nyambung juga dapat menunjukkan bahwa seseorang memiliki sikap percaya diri yang kuat. Meskipun masih menjadi misteri, banyak yang percaya bahwa hal ini merupakan kebenaran yang tak terbantahkan.

5. Rezeki Lancar

Arti alis nyambung menurut Primbon Jawa adalah memiliki alis yang menyatu akan cenderung lebih mudah mengalirkan keberuntungan dalam kehidupannya dibandingkan dengan mereka yang tidak memilikinya.

Namun, anggapan tersebut tidak sepenuhnya tepat, karena rejeki dapat diraih oleh siapa pun, tanpa harus mempertimbangkan bentuk alis mereka.

Fakta Seputar Alis Nyambung 

Yuk telusuri fakta menarik seputar alis nyambung berikut ini:

1. Faktor Genetik

Faktor utama yang menentukan kamu akan punya alis nyambung atau tidak adalah gen dari orang tua. Sama seperti warna mata atau tekstur rambut, alis nyambung bisa diwariskan.

2. Hormon

Hormon mempengaruhi tubuh kita, termasuk pertumbuhan rambut di wajah. Perubahan hormon, terutama saat pubertas atau hamil, bisa mengakibatkan alis yang lebih tebal, bahkan menyatu.

3. Makna dalam budaya

Standar kecantikan berbeda-beda di setiap budaya. Di beberapa tempat, alis nyambung malah dianggap cantik dan bijak. Contohnya, di beberapa daerah Asia Tengah dan Timur Tengah.

4. Kondisi medis

Walaupun biasanya tidak berbahaya, ada kondisi medis langka yang bisa mengakibatkan alis nyambung, seperti Cornelia de Lange syndrome atau frontonasal dysplasia. Jika kamu merasa ada perubahan tidak biasa pada wajah, penting untuk konsultasi ke dokter.

Cara Merawat Alis Nyambung 

Jika kamu ingin merawat unibrow, simak beberapa pilihannya berikut ini:

1. Mencabut Alis

Kamu bisa mencabut rambut alis satu per satu untuk membentuknya. Ini cara paling murah karena hanya perlu pinset. Prosesnya bisa lama, tapi kamu memiliki kontrol penuh atas helaian rambut mana yang dicabut.

Caranya:

  • Regangkan kulitmu perlahan, pegang bagian bawah rambut (dekat akar).
  • Cabut rambut dengan kuat dan cepat dalam satu gerakan.
  • Cabut searah tumbuhnya rambut (ini mencegah rambut patah dan tidak nyaman).
  • Oleskan lotion yang menenangkan setelah mencabut.
  • Hasilnya bertahan 3 - 8 minggu, tergantung kecepatan pertumbuhan rambutmu.

2. Krim Perontok Rambut (Depilatory Cream)

Krim ini bekerja dengan menghancurkan rambut menggunakan bahan kimia. Cukup oleskan dan bilas sesuai petunjuk! Hasilnya bertahan sampai dua minggu. Produk ini efektif, namun dapat sangat mengiritasi kulit jika tidak digunakan dengan benar.

Sebelum dipakai, tes dulu krim ini pada area kulit lain untuk melihat reaksinya. Gunakan krim ini secara khusus untuk wajah. Berhentilah memakai produk ini jika kamu mengalami ruam, atau sensasi terbakar. Krim ini tidak cocok untuk kulit sensitif.

3. Waxing

Waxing dilakukan dengan mengoleskan wax pada rambut yang ingin dihilangkan dan menempelkan kain di atasnya. Tarik kain tersebut dengan cepat, mencabut rambut hingga akarnya.

Waxing tidak disarankan bila kamu sedang memakai obat jerawat resep dokter, atau jika memiliki iritasi kulit, kulit sensitif, kutil atau tahi lalat di area tersebut, atau kulit terbakar matahari. ika tidak ingin melakukannya sendiri, kamu bisa mendapatkan layanan waxing di salon. 

Hasilnya bisa bertahan lebih lama dibanding metode lain.

4. Mencukur

Apakah alis nyambung boleh dicukur? Mencukur adalah cara menghilangkan rambut yang biasa dilakukan pada kaki dan area kemaluan. Metode ini bisa diterapkan untuk unibrow, namun ada beberapa tips penting:

  • Jika menggunakan pisau cukur biasa, basahi kulit terlebih dulu. Sebaiknya cukur setelah mandi. Oleskan gel atau krim cukur untuk mencegah luka dan iritasi.
  • Cukur searah pertumbuhan rambut untuk mencegah rambut tumbuh ke dalam (ingrown hair). Oleskan lotion untuk melembapkan area tersebut sesudahnya.
  • Kamu kemungkinan perlu mencukur ulang setelah beberapa hari. Cukuran juga tidak selektif dibandingkan dengan mencabut.

5. Elektrolisis atau Laser

Prosedur ini hanya dilakukan oleh profesional terlisensi seperti dokter kulit, ahli kecantikan, atau ahli elektrolisis.

Elektrolisis menggunakan jarum halus dengan arus listrik untuk menghancurkan akar rambut. Rambut akan rontok beberapa hari setelahnya, mencegah rambut tumbuh kembali. Kamu mungkin perlu beberapa sesi.

Sedangkan, Laser menggunakan sinar laser yang diarahkan ke area unibrow untuk mencegah pertumbuhannya. Hasilnya dapat permanen, tapi dalam kenyataannya prosedur ini memperlambat pertumbuhan rambut.

Kalau kamu ingin melakukan perawatan profesional untuk mengatasi unibrow, kamu bisa datang ke Ruhee. Di sini, kamu bisa mendapatkan berbagai treatment alis seperti brow bomber atau eyelash extensions dengan harga yang terjangkau.

Penutup

Ada banyak mitos tentang alis nyambung. Namun, perlu kamu ingat, memiliki alis nyambung atau tidak, kamu tetap cantik. Meskipun alis yang menyatu mendapat pandangan negatif dalam beberapa dekade terakhir, kini unibrow mulai diterima di masyarakat. Bahkan di beberapa budaya, unibrow dianggap sebagai simbol keberuntungan, kesuburan, dan kekuatan, terutama pada pria.

Subscribe to
our news & promotions

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
© Ruhee
Ruhee (PT Jelita Intan Ayu) is part of PT inspirasi Untuk Wanita
Konsultasi via WhatsApp