5 Fungsi Bulu Mata dan Kondisi yang Dapat Mengganggunya

April 12, 2024

Pernahkah kamu berpikir apa sebenarnya fungsi dari helaian-helaian halus yang membingkai matamu? Bulu mata ternyata bukan cuma buat gaya-gayaan lho! Fungsi bulu mata sering luput dari perhatian padahal melakukan banyak tugas penting. 

Yuk, kita gali lebih dalam tentang apa itu bulu mata, pelajari fungsinya, dan cara merawatnya dengan benar.

Apa itu Bulu Mata?

Umumnya, orang punya sekitar 75-80 bulu mata di kelopak bawah dan 90-160 di kelopak atas. Bulu mata tumbuh sedikit demi sedikit tiap hari sampai akhirnya rontok sendiri.

Tebal dan panjangnya pun berbeda-beda setiap orang, tergantung keturunan. Bulu mata juga bisa melengkung, sama seperti rambut di kepala kita. Kalau rambut ikal, kemungkinan besar bulu mata juga ikal. Kalau rambut lurus, bulu mata juga biasanya lurus..

Sementara itu, apabila bulu mata dicabut atau diusap-usap kencang, butuh kira-kira delapan minggu agar tumbuh lagi. Namun, terus-terusan mencabuti bulu mata bisa membuat akarnya rusak dan susah tumbuh lagi.

Fungsi Bulu Mata

Berikut ini peran bulu mata untuk menjaga kesehatan mata kamu:

1. Melindungi dari Debu

Tugas utama bulu mata adalah jadi pelindung mata dari debu dan kotoran lain yang mungkin masuk ke mata. Bulu mata menyaring benda-benda asing sehingga mata terhindar dari rasa perih ataupun terluka.

2. Peka Terhadap Sentuhan

Bulu mata punya saraf yang membuatnya sensitif saat disentuh. Nah, kepekaan ini sangat membantu mata kamu untuk berkedip secara otomatis. Berkedip ini melindungi mata dari bahaya. Saat ada yang menyentuh bulu matamu, dengan sendirinya kamu akan langsung berkedip dan melindungi mata.

3. Mengatur Kelembapan

Bulu mata membantu meratakan kelembapan, seperti air mata, ke seluruh bagian mata. Kelembapan ini penting agar mata tidak kering, sehingga penglihatanmu nyaman dan jernih.

4. Indera Peraba

Selain sebagai indera sentuhan, bulu mata juga bisa merasakan gerakan udara dan perubahan aliran udara di sekitar mata. Ini membantu mata mengenali potensi bahaya, seperti benda bergerak cepat atau perubahan mendadak di sekitarmu, jadi mata bisa cepat terlindungi.

5. Memperindah Tampilan

Bulu mata juga membuat wajah lebih menarik. Bulu mata yang panjang dan tebal sering dianggap cantik dan menonjolkan bentuk mata dan wajah secara keseluruhan. Bulu mata membingkai mata dan bikin tatapan wajah lebih hidup, membantu dalam berkomunikasi tanpa kata-kata.

Kondisi yang Bisa Mengganggu Fungsi Bulu Mata

Sayangnya, banyak kondisi kesehatan yang bisa bikin bulu matamu tidak berfungsi dengan baik. Mulai dari infeksi sampai kelainan genetik, ini beberapa potensi masalahnya:

1. Trichiasis: Rambut Mata Tumbuh ke Dalam 

Salah satu gangguan bulu mata adalah Trichiasis, yaitu bulu mata yang tumbuh ke dalam. Kamu perlu hati-hati jika bulu matamu tumbuh ke arah dalam mata. Ini bisa mengiritasi dan melukai matamu yang sensitif.

2. Bintitan: Infeksi pada Kelenjar di Kelopak Mata

Kalau ada benjolan merah dan sakit di kelopak matamu, kemungkinan kamu kena bintitan. Ini terjadi karena infeksi bakteri. Jangan ditunda, segera cari bantuan biar tidak makin parah.

3. Blepharitis: Peradangan pada Kelopak Mata 

Kamu bisa kena blepharitis kalau kelopak mata kamu meradang, biasanya ini karena bakteri. Rajin-rajinlah bersihkan wajah dan area mata untuk mencegah bakteri menumpuk dan bikin kelopak mata meradang.

4. Trichomegaly: Bulu Mata Terlalu Panjang

Pernahkah bulu matamu tumbuh terlalu panjang? Kondisi ini disebut trichomegaly, kondisi di mana kamu memiliki rambut yang tumbuh lebih banyak dari normal. 

Pertumbuhan rambut ini bisa di bagian tubuh mana saja, dengan mempertimbangkan usia, jenis kelamin, dan ras.Selain tidak enak dilihat, bulu mata yang terlalu panjang bisa bikin tidak nyaman.

5. Madarosis: Kehilangan Bulu Mata atau Alis 

Kalau bulu mata atau alismu rontok, itu tandanya ada kondisi medis bernama madarosis. Ada banyak penyebabnya, seperti peradangan kelopak mata, infeksi bakteri, tungau kecil di mata, dan lain-lain. Kamu perlu tahu dulu penyebabnya biar bisa diobati dan bulu mata atau alismu bisa tumbuh normal lagi.

6. Distichiasis: Punya Dua Baris Bulu Mata

Kalau punya dua baris bulu mata, kamu berisiko alami iritasi dan masalah mata lainnya. Ini karena posisi bulu matamu yang tidak normal.

7. Epiblepharon: Bulu Mata Menggesek Mata 

Pernah merasakan bulu matamu menggores bola mata? Itu bisa jadi kondisi yang disebut epiblepharon.Sebaiknya segera ke dokter biar penyebabnya bisa ditangani dan matamu terhindar dari kerusakan.

Cara Merawat Bulu Mata Agar Sehat

Setelah kamu paham pentingnya bulu mata, saatnya mengetahui cara perawatan bulu mata. Tips ini berguna agar bulu matamu tetap berfungsi dan tampil maksimal:

1. Bersihkan dengan lembut

Pakai pembersih ringan dan bebas minyak untuk menghapus makeup dan kotoran dari bulu mata, hati-hati jangan narik-narik

2. Jangan menggosok bulu mata

Jika mata kemasukan debu atau kotoran, tahan keinginan untuk mengucek mata. Karena ini bisa merusak folikel rambut yang rapuh dan menyebabkan kerontokan bulu mata.

3. Lembapkan

Gunakan serum atau minyak yang menutrisi bulu mata agar tetap lembap dan mencegah patah.

4. Hati-hati dengan maskara

Pilih formula maskara yang lembut dan hindari yang waterproof karena susah dihapus dan bikin bulu mata mudah rapuh.

5. Makan seimbang

Nutrisi seperti vitamin A, C, dan E penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat, jadi pastikan kamu banyak makan buah, sayuran, dan protein.

Memang perawatan rutin membantu bikin bulu matamu sehat, tapi kadang perlu bantuan ekstra untuk dapat bulu mata panjang dan tebal impian. Disinilah peran perawatan bulu mata seperti yang disediakan di Ruhee. 

Mulai dari eyelash extension sampai lash lift, perawatan ini akan menonjolkan kecantikan alamimu dan memberikan bulu mata indah yang kamu idamkan. Yuk, manjakan dirimu sedikit dan beri perhatian lebih ke bulu matamu!

Penutup

Seperti yang sudah kita kupas, fungsi bulu mata manusia itu jauh lebih dari sekadar aksesoris kecantikan. Bulu mata memiliki bentuk yang rumit dan segudang manfaat. Mulai dari melindungi mata sampai menjaga kelembapan, rambut-rambut kecil ini punya peran penting untuk kesehatan mata dan kenyamananmu. 

Jadi, memiliki bulu mata yang indah tentu telah menjadi dambaan setiap wanita. Ingat, merawat bulu mata bukan hanya mempercantik, tapi juga melindungi penglihatanmu di masa depan.

Subscribe to
our news & promotions

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
© Ruhee
Ruhee (PT Jelita Intan Ayu) is part of PT inspirasi Untuk Wanita
Konsultasi via WhatsApp