Waspada Menggunakan Bulu Mata Palsu

December 19, 2021

Pemasangan bulu mata palsu merupakan hal yang sering dilakukan oleh wanita. Hal tersebut dilakukan untuk mempercantik tampilan garis wajah terutama bagian mata. Akan tetapi, terdapat beberapa efek samping yang harus Anda ketahui sebelum melakukan pemasangan bulu mata buatan tersebut. Apakah risiko pemasangan bulu mata buatan? Apakah perawatan untuk mempercantik bulu mata yang lebih baik? Simak penjelasan dari Ruhee berikut ini.

Risiko Penggunaan Bulu Mata Palsu

Terdapat beberapa dampak yang tidak diinginkan apabila Anda melakukan pemasangan bulu mata buatan, diantaranya :

1. Timbulnya infeksi dan iritasi

Pemasangan bulu mata buatan dapat menimbulkan infeksi pada bagian kornea mata dan iritasi pada permukaan mata atau kelopak mata. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya perekat yang digunakan untuk menempelkan bulu mata buatan pada tepi kelopak mata. Selain itu, ketika Anda memasangkan bulu mata tersebut terdapat rasa gatal di sekitar mata. Sebaiknya Anda tidak menggaruknya karena dapat merusak bulu mata asli yang Anda miliki.

2. Kerontokan bulu mata asli

Pemasangan bulu mata buatan secara tidak sadar dapat menyebabkan kerontokan pada bulu mata asli. Hal itu terjadi ketika Anda akan melepas bulu mata buatan tersebut dan menariknya. Maka beberapa helaian bulu mata akan ikut tercabut. Maka dari itu, hindarilah pemasangan bulu mata buatan yang mengakibatkan menipisnya bulu mata asli.

3. Reaksi alergenik

Terjadinya reaksi alergi pada bagian di sekitar mata terutama pada tepi kelopak mata juga dapat diakibatkan oleh pemasangan bulu mata buatan. Hal itu disebakan adanya lem dan tekstur bulu mata yang tidak sesuai dengan keadaan kulit kelopak mata. Sehingga timbul rasa gatal dan jika terlalu lama akan menimbulkan alergi hingga dermatitis (peradangan pada kulit).

4. Kebutaan

Kebutaan menjadi dampak negatif yang paling besar dari pemasangan bulu mata buatan. Hal itu disebabkan oleh adanya lem dengan kandungan kimia yang dapat mengiritasi tepi kelopak mata bahkan bagian kornea mata. Awalnya akan timbul kemerahan dan rasa gatal pada mata. Jika hal tersebut tidak segera diatasi atau bahkan pemasangan bulu mata tersebut dilanjutkan akan menjadi kebutaan.

Waspada Menggunakan Bulu Mata Palsu

Perawatan Alternatif untuk Mempercantik Bulu Mata

Terdapat beberapa perawatan lain yang dinilai memiliki nilai safety lebih besar daripada pemasangan bulu mata buatan. Perawatan itu diantaranya:

1. Extension

Eyelash extension merupakan teknik penyambungan bulu mata yang dilakukan dengan menambahkan satu per satu bulu mata buatan pada bulu mata asli. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait dengan tingkat keamanan extension bulu mata yaitu:

a. Menggunakan peralatan yang steril

Extension bulu mata dilakukan menggunakan alat-alat kecantikan yang disterilkan terlebih dahulu. Hal itu dilakukan untuk tetap menjaga keamanan dan kesehatan bagian di dalam mata. Walaupun extension bulu mata dilakukan di bagian luar mata akan tetapi bagian tersebut sangat dekat dengan mata bagian dalam. Sehingga diperlukan kehati-hatian dalam melakukan perawatan bulu mata yang satu ini.

b. Dilakukan dengan tenaga estetik

Proses extension ini harus dilakukan oleh tenaga yang ahli dalam bidang estetik. Terdapat beberapa standar bagi seorang tenaga estetik untuk melakukan perawatan tersebut. Akan tetapi terdapat beberapa industri atau klinik kecantikan yang tidak menyeleksi pekerjanya dalam melakukan perawatan ini. Maka dari itu, Anda harus tetap selektif untuk memilih klinik kecantikan.

c. Jenis bulu mata dan perekat sesuai SOP kesehatan

Selain peralatan yang steril, perawatan bulu mata yang satu ini juga menggunakan bahan-bahan yang disesuaikan dengan standar kesehatan. Bulu mata buatan dan lem yang digunakan memiliki komposisi khusus untuk menambah kesan estetik pada bulu mata Anda.

2. Lash Lift

Perawatan ini merupakan salah satu cara untuk melentikkan bulu mata secara alami. Hal itu dilakukan dengan cara mengangkat bulu mata menggunakan cairan keratin. Hal ini dinilai lebih baik daripada pemasangan bulu mata buatan karena dilakukan oleh tenaga ahli dan beberapa klinik menyediakan pelayanan konsultasi dokter sebelum pelaksanaan perawatan tersebut.

Uraian tersebut merupakan penjelasan mengenai efek samping dari pemasangan bulu mata palsu pada mata dan beberapa penjelasan mengenai perawatan alternatif untuk bulu mata yang lebih baik. Semoga bermanfaat, ya!

Subscribe to
our news & promotions

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
© Ruhee
Ruhee (PT Jelita Intan Ayu) is part of PT inspirasi Untuk Wanita
Konsultasi via WhatsApp