Sulam Alis: Pandangan Dokter untuk Kesehatan Kulit Wajah

September 14, 2023

Dalam dunia kecantikan ada banyak sekali prosedur yang bisa dilakukan untuk mempercantik wajah salah satunya yaitu menyulam alis. Dengan adanya prosedur tersebut kamu bisa membentuk alis sesuai dengan alis idaman kamu. Lalu, bagaimana pandangan dokter mengenai sulam alis untuk kesehatan?

Apakah Sulam Alis itu?

Menyulam alis merupakan teknik dalam kecantikan yang dilakukan untuk mempercantik alis dengan mengaplikasikan pigment atau tinta pada alis. Pigmen tersebut memiliki bentuk layaknya rambut sungguhan dan ditanam menyesuaikan alur pertumbuhan alis asli kamu.
Model alis yang dibuat akan disesuaikan dengan bentuk wajah dan selera kamu sehingga alis terlihat lebih cantik dan natural.
Contoh sulam alis ini sendiri sedikit berbeda dengan tato, sebab tinta yang digunakan hanya melekat pada lapisan kulit luar saja dan tidak menembus kulit. Selain itu, teknik ini juga tergolong semi permanen sebab hanya akan bertahan selama sekitar enam bulan sampai satu tahun.

Sulam Alis Natural untuk Kesehatan Kulit

Sudah tidak diragukan lagi jika prosedur menyulam alis memiliki banyak manfaat untuk kecantikan wajah. diantaranya yaitu meningkatkan tampilan, menghemat riasan wajah dan sebagainya.
Namun bagaimana efeknya dalam kesehatan? Teknik sulam sendiri termasuk prosedur kecantikan yang aman dilakukan sebab kamu akan dipakaikan anestesi sebelum penyulaman. Namun teknik ini tak jarang dapat menimbulkan beberapa efek samping.
Beberapa efek sulam alis yang bisa timbul diantaranya yaitu infeksi, alergi, nyeri serta beberapa penyakit menular. Efek tersebut biasanya timbul karena alergi, peralatan yang tidak steril serta bukan dilakukan oleh tenaga ahli.
Oleh karena itu, kalangan medis sangat menganjurkan bagi kamu yang ingin melakukan prosedur sulam pastikan untuk melakukannya dengan tenaga ahli atau profesional.
Selain bagi kecantikan, dalam dunia medis teknik microblading atau menyulam ini juga dipakai untuk menangani masalah kesehatan seperti alopecia totalis dan trikotilomania.

Tips Sulam Alis yang Aman

Agar prosedur penyulaman dapat berjalan lancar dan aman, berikut ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

1. Pilih Tenaga Ahli

Seperti halnya tato atau eyelash extension, prosedur ini juga tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Untuk itu pastikan kamu memilih klinik atau tempat menyulam yang memiliki tenaga ahli bersertifikat seperti di klinik kecantikan Ruhee.
Klinik profesional biasanya memiliki peralatan yang steril sehingga kamu dapat terhindar dari efek buruk yang bisa terjadi seperti infeksi dan penularan penyakit.

2. Persiapan

Sebelum prosedur dilakukan ada beberapa persiapan yang perlu kamu perhatikan seperti tidak melakukan eksfoliasi pada area sekitar alis, tidak mencabut alis, berhenti mengkonsumsi alkohol dan kafein dan bagi kamu yang cenderung memiliki kulit sensitif sebaiknya tidak mengikuti prosedur ini.
Jangan lupa untuk menata rambut dengan baik karena kamu tidak boleh membasahi alis setelah prosedur selama kurang lebih satu minggu.

3. Perawatan

Nah setelah prosedur selesai dilakukan ada beberapa perawatan yang perlu dilakukan. Pertama alis selalu kering kamu selama sekitar seminggu, jadi hindari membasuh alis dan berenang sampai alis benar benar pulih.
Selain itu, kamu juga tidak boleh memakai make up atau menggaruk bagian alis meskipun terasa gatal. Apabila muncul pembengkakan atau nanah segera kunjungi dokter untuk mendapat penanganan.
Itulah pandangan dokter mengenai sulam alis untuk kesehatan kulit. Teknik kecantikan yang satu ini termasuk prosedur yang aman untuk kulit apabila dilakukan oleh profesional. Sebelum melakukan prosedur pastikan kamu melakukan tes alergi terhadap bahan tinta untuk menghindari reaksi alergi.

Subscribe to
our news & promotions

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
© Ruhee
Ruhee (PT Jelita Intan Ayu) is part of PT inspirasi Untuk Wanita
Konsultasi via WhatsApp