Mitos Atau Fakta, Bulu Mata Extension Bikin Bulu Mata Rontok Dan Botak

December 19, 2021

Setiap perempuan dijamin ingin selalu tampil cantik, salah satu usaha untuk meraihnya adalah dengan menjadikan bulu mata lebih lentik. Bulu mata yang lentik akan memberi kesan mata lebih lebar dan mempesona. Sekaligus memudahkan para perempuan dalam merias wajah, karena bisa memilih menghindari penggunaan maskara. Hanya saja tidak semua perempuan cukup beruntung memiliki bulu mata lentik alami sejak lahir. Sehingga kebanyakan diantaranya melakukan perawatan khusus untuk melentikan bulu mata. Paling populer dan diminati adalah dengan bulu mata extension atau ekstensi bulu mata.

Benarkah Bulu Mata Extension Menyebabkan Bulu Mata Asli Rontok?

Melakukan ekstensi pada bulu mata adalah dengan menambahkan beberapa helai bulu mata sintetis ke bulu mata asli menggunakan perekat khusus. Efeknya bulu mata tidak hanya lebih lentik, namun juga tampak lebih tebal mempesona. Tidak heran jika perawatan kecantikan ini sangat digandrungi oleh kaum perempuan. Hanya saja, beredar informasi simpang siur di masyarakat mengenai efek buruk dari perawatan bertajuk bulu mata extension ini. Salah satunya adalah efek sampingnya pada bulu mata asli yang bisa menyebabkan kerontokan parah. Benarkah demikian? Dilansir dari situs halodoc.com dijelaskan bahwa perawatan ekstensi di area bulu mata ini memang menyebabkan beberapa efek samping. Seperti:

● Menyebabkan reaksi alergi, dan penyebabnya sendiri beragam. Bisa karena terapis kurang higienis saat mengaplikasikan perekat pada bulu mata sintetis selama perawatan, bisa pula pelakunya punya alergi terhadap kandungan bahan di dalam perekat dan atau dari bulu mata sintetis yang digunakan.

● Bisa terjadi infeksi ketika mengalami iritasi akibat reaksi alergi dari poin pertama.

● Kerontokan pada bulu mata asli, umumnya efek ini terjadi karena cara perawatan eyelash extension yang dilakukan keliru. Misalnya terapis terlalu asal dalam mengaplikasikan bulu mata sintetis sehingga menyebabkan kerusakan pada folikel akar bulu mata asli.

Melalui penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa informasi mengenai dampak bulu mata extension yang menyebabkan kerontokan pada bulu mata asli adalah mitos. Mengapa dikatakan demikian? Pasalnya, selama perawatan ini dilakukan dengan benar maka kerontokan bulu mata asli tidak akan terjadi. Apabila ada keluhan seperti ini, maka perlu mengecek lagi dimana kamu melakukan perawatan ekstensi tersebut. Apakah sudah dilakukan di klinik kecantikan berlisensi? Apakah dikerjakan oleh terapis yang sudah terlatih dan bersertifikasi? Jika ragu, maka ada kemungkinan kamu sudah salah memilih klinik kecantikan.

Mitos Atau Fakta, Bulu Mata Extension Bikin Bulu Mata Rontok Dan Botak

Tips Melakukan Ekstensi Bulu Mata

Memastikan bahwa cara perawatan eyelash extension sudah benar dan sesuai standar akan menghindari segala bentuk efek samping yang dipaparkan di atas. Lebih jelasnya, kamu bisa mencoba tips berikut ini:

1. Memilih Klinik Kecantikan Terbaik

Tips pertama untuk menghindari efek samping dari bulu mata extension adalah memilih klinik kecantikan terbaik. Utamakan yang sudah berlisensi resmi dan juga punya reputasi yang baik. Salah satu klinik kecantikan yang bisa kamu kunjungi adalah Ruhee. Saat ini Ruhee sudah membuka beberapa cabang baik di Jakarta dan Makassar.

2. Hanya Dikerjakan oleh Terapis Bersertifikasi

Terapis yang melakukan perawatan eyelash extension perlu dipastikan sudah terlatih dan bersertifikasi. Kuncinya adalah dilakukan di klinik kecantikan terpercaya, yang bisa menjamin semua terapisnya sudah bersertifikasi

3. Konsultasikan Dulu dengan Dokter

Meminimalkan efek samping yang mungkin bisa timbul pasca perawatan, maka kamu perlu konsultasi dulu dengan dokter maupun terapisnya. Sehingga bisa mengetahui efek samping yang mungkin bisa dialami, dan memastikan kamu tidak punya alergi terhadap bahan yang digunakan dalam perawatan.

4. Pastikan Higienis

Higienitas selama perawatan adalah hal penting untuk menghindari efek samping, seperti kerontokan bulu mata asli. Jadi, pastikan terapis yang memberi perawatan sudah mencuci tangan dulu sebelumnya.

Melalui tips di atas kamu bisa memastikan bahwa kerontokan bulu mata asli akibat bulu mata extension bisa dihindari. Jadi, jangan asal melakukan perawatan ini sekalipun sedang menjadi tren. Sebab kesehatan dan keselamatan kamu adalah yang utama.

Subscribe to
our news & promotions

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
© Ruhee
Ruhee (PT Jelita Intan Ayu) is part of PT inspirasi Untuk Wanita
Konsultasi via WhatsApp