Efek Samping dari Lash lifting yang Harus Kamu Ketahui

December 19, 2021

Saat ini, beragam teknik kecantikan sudah banyak berkembang dan mengalami modifikasi ke arah yang lebih baik. Mulai dari ujung kepala, hingga ujung kaki, semuanya bisa diubah menjadi lebih sempurna. Salah satu teknik kecantikan yang saat ini banyak digemari kaum hawa, yakni lash lifting. Metode ini berfokus pada area sekitar wajah, yakni bulu mata. Bagi kamu yang menginginkan bulu mata lentik alami yang tahan lama, metode ini sangat tepat untuk kamu gunakan. Teknik kecantikan ini menggukanan serum dan keratin yang diterapkan pada bulu mata pengguna. Berbeda dengan teknik kecantikan sejenisnya, yakni eyelash extension yang menggunakan teknik menanam bulu mata extension pada bulu mata asli, metode ini mengoleskan serum dan keratin pada bulu mata asli yang membuatnya lebih panjang dan lentik.

Efek Samping Metode Lash Lifting

Karena prosesnya yang tidak rumit, teknik lash lifting digemari banyak wanita. Prosesnya yang hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam serta hasilnya yang dapat bertahan hingga 2 bulan, sangat efektif bagi para wanita yang ingin tampil sempurna, namun tidak memiliki banyak waktu untuk menjalani sejumlah metode kecantikan. Namun, dalam penerapannya, perlu diketahui bahwa setiap metode kecantikan memiliki efek sampingnya masing-masing. Hal ini tergantung pada kondisi kulit pengguna, ataupun dari metode kecantikannya itu sendiri. Berikut adalah beberapa efek samping dari metode ini yang perlu kamu tahu:

1. Iritasi kulit sekitar mata

Bagi kamu yang mempunyai alergi kulit terhadap kandungan bahan kimia, usahakan untuk konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter terpercaya. Karena hal ini akan berbahaya jika diterapkan pada kulit yang sensitif. Walaupun dalam prosesnya, kulit sekitar matamu diberi pelindung agar cairan keratin tidak langsung mengenai kulit, tapi hal ini tidak menjamin 100%. Efek samping yang dirasakan, diantaranya kulit sekitar mata akan melepuh, terjadi ruam dan berwarna kemerahan, mata jadi lebih berair dan pedih, hingga mata menngalami peradangan dan memerah. Selain itu, rambut di sekitar bulu mata juga akan mudah mengalami kerontokan akibat dari efek samping ini.

Efek Samping dari Lash lifting yang Harus Kamu Ketahui

2. Kerusakan pada bulu mata

Inilah yang terjadi jika metode lash lifting tidak dilakukan oleh tenaga ahli profesional di bidangnya, karena hal ini memerlukan ketelitian serta pengalaman yang tinggi. Salah prosedur sedikit, bisa mengakibatkan efek samping yang bersifat fatal. Bulu mata bisa mengalami kerontokan, rusak atau bahkan terjadi penurunan fungsi disebabkan oleh alergi ketika terkena kandungan kimia pada lem keratin ataupun tarikan pada bulu mata ketika proses berlangsung.

3. Iritasi pada kornea mata

Inilah dampak efek samping lash lifting paling berbahaya yang perlu kamu hindari. Jika cairan serum ataupun lem keratin tidak sengaja mengenai mata dan area sekitarnya ketika prosedur berlangsung, bagi kulit kamu yang sensitif, hal ini bisa mengakibatkan efek seperti terbakar, hingga luka yang terbentuk. Jika kamu tidak sengaja mengucek mata ketika matamu terkena iritasi, maka kemungkinan resiko seperti lecet pada kornea mata bisa dirasakan. Jika dibiarkan saja, akan menjadi masalah yang serius. Mata bisa mengalami penurunan fungsi penglihatan hingga kebutaan.

Itulah pengetahuan seputar efek samping dari metode lash lifting yang perlu kamu ketahui. Untuk itulah, lebih bijak kembali dalam mengambil keputusan. Pilih salon kecantikan terpercaya yang memiliki ijin yang jelas serta mempunyai tenaga ahli di bidangnya seperti Ruhee. Konsultasikan juga kepada dokter, apakah metode ini aman untuk diterapkan pada jenis kulitmu atau tidak. Karena bagaimanapun, kecantikan memang penting, tetapi kesehatanlah yang jauh lebih penting.

Subscribe to
our news & promotions

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
© Ruhee
Ruhee (PT Jelita Intan Ayu) is part of PT inspirasi Untuk Wanita
Konsultasi via WhatsApp