Bulu Mata Rontok Karena Extension? Ini Penyebabnya!

December 19, 2021

Siapa sih yang tidak ingin terlihat cantik? Setiap wanita mungkin ingin terlihat cantik. Berbagai cara banyak dilakukan para wanita untuk mempercantik penampilannya. Salah satunya adalah dengan memasang bulu mata ekstensi. Namun terkadang, eyelash extension dapat menyebabkan bulu mata asli rontok. Apa penyebab bulu mata rontok karena extension?

Beberapa penyebab kerontokan bulu mata setelah extension mungkin dapat disebabkan dengan hal yang sepele. Akan tetapi, tetap saja itu akan membuat kita khawatir dan merasa minder. Maka dari itu, kita harus mengetahui penyebab-penyebab kerontokan akibat efek samping extension bulu mata.

Kebiasaan Mengucek Mata

Kita sering kali mengucek mata tanpa kita sadari. Padahal, kegiatan ini dapat menyebabkan bulu mata mengalami kerontokan. Untuk mengantisipasinya, sebaiknya kamu tidak mengusap mata secara kasar atau keras.

Pasalnya, mengusap bulu mata ternyata juga tidak bagus untuk kesehatan mata. Ada banyak kuman dan bakteri yang berasal dari tangan yang akhirnya dapat membuat mata infeksi. Maka dari itu, sebisa mungkin kurangi kebiasaan untuk mengusap bulu mata.

Hasil gambar untuk ngucek mata

Penggunaan Maskara

Maskara sering kali digunakan agar bulu mata terlihat lebih lentik dan tebal. Namun, tahukah kamu? Bulu mata rontok karena maskara ini sering kali terjadi. Terlebih jika maskara yang digunakan adalah maskara waterproof yang mengandung bahan kimia yang dapat membuat bulu mata menjadi kaku.

Tak hanya dapat membuat bulu mata kaku, tinta maskara juga akan menempel erat di bulu mata, sehingga membuat kita berusaha lebih untuk membersihkannya. Nah, hal inilah yang juga menyebabkan bulu mata menjadi lebih rentan rontok. Tak hanya itu, ada juga beberapa orang yang alergi dengan merk maskara tertentu.

![Hasil gambar untuk mascara](https://assets-global.website-files.com/5dc528d3addf968d6a34604b/5e036f3f4c88a6d18b520bd3_lede-CliniqueFIT Mascara.jpeg)

Radang pada Bagian Kelopak Mata

Penggunaan eyelash extension ini juga dapat mengakibatkan radang kelopak mata yang disebut dengan blefaritis. Kondisi ini umumnya disebabkan karena cedera, infeksi kuman, atau reaksi alergi.

Nah, salah satu dampak dari radang ini juga dapat menyebabkan bulu mata menjadi rontok. Jika kondisi ini juga disertai dengan rasa sakit pada area mata, sebaiknya segeralah periksa ke dokter.

Menggunakan Penjepit Bulu Mata

Sering kali para wanita akan memakai penjepit bulu mata agar bulu mata menjadi semakin lebih indah. Namun, penggunaan penjepit ini sering kali menyebabkan bulu mata juga lebih rawan rontok.

Nah, apalagi jika penggunaan penjepit bulu mata ini diikuti dengan penggunaan maskara. Hal ini justru akan membuat bulu mata menjadi lengket dan menempel pada penjepit. Akibatnya, bulu mata pun menjadi rontok.

Hasil gambar untuk penjepit bulu mata

Sedang Menjalani Kemoterapi

Pada saat menjalani kemoterapi, bulu mata hasil ekstensi juga bisa mengalami kerontokan. Bahkan tak hanya bulu mata ekstensi saja, kerontokan ini juga terjadi pada bulu-bulu yang ada pada anggota tubuh lain. Namun, kamu tidak perlu khawatir, kerontokan ini akan berakhir jika kamu telah selesai menjalani masa penyembuhan.

Alopecia

Bulu mata yang rontok akibat extension juga dapat disebabkan karena penyakit alopecia. Penyakit ini dapat membuat bulu mata mengalami kerontokan dan sulit sekali untuk tumbuh. Tak hanya bulu mata saja yang mengalami kerontokan, bulu pada bagian tubuh lain juga rentan mengalami hal yang sama. Nah, jika hal ini sering terjadi, segeralah untuk periksa ke dokter.

Berbagai cara memang kerap dilakukan wanita agar tetap terlihat cantik. Salah satunya adalah dengan melakukan eyelash extension. Sayangnya, eyelash extension ini sering kali dapat menyebabkan bulu mata menjadi rontok. Ada banyak faktor yang menyebabkan bulu mata rontok karena extension, seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Subscribe to
our news & promotions

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
© Ruhee
Ruhee (PT Jelita Intan Ayu) is part of PT inspirasi Untuk Wanita
Konsultasi via WhatsApp