7 Petunjuk Menjaga Keawetan Eyelash Extention dan Kesehatan Bulu Mata Asli Agar Tidak Rontok

December 19, 2021

Eyelash extension merupakan sebuah teknik untuk menambah volume bulu mata agar terlihat lebih tebal dan lentik tanpa memggjnakan make-up seperti mascara, eyeshadow atau bahkan bulu mata palsu sekali pakai. Bulu mata ekstensi bisa bertahan antara 6-8 minggu tergantung pada perawatan dan pola kebiasaan masing-masing individu. Berikut ini kami telah merangkum beberapa petunjuk untuk menjaga keawetan bulu mata ekstensi dan kesehatan bulu mata asli anda agar tidak rontok. Yuk simak!

Petunjuk Menjaga Keawetan Eyelash Extention dan Kesehatan Bulu Mata Asli

Banyak wanita yang mengeluh tentang eyelash extention-nya yang tak awet dan bulu mata asli yang rontok setelah pemasangan bulu mata ekstensi. Hal tersebut diakibatkan kurangnya pengetahuan tentang perawatan bulu mata ekstensi. Untuk menghindari hal tersebut lakukan petunjuk di bawah ini:

  1. Tidur Terlentang

Saat tidur, terlebih dalam posisi telungkup atau miring, anda tidak akan sadar jika bulu mata anda terhimpit dan kusut. Mulai sekarang biasakan untuk tidur terlentang agar bulu mata tidak tertekan benda apapun. Dalam ilmu kedokteran sendiri posisi tidur paling baik adalah posisi terlentang.

  1. Bersihkan Make-Up Dengan Remover Khusus

Ketika anda sudah memasang bulu mata ekstensi, tidak disarankan memakai make-up pada area mata. Jika memang anda terpaksa memakai make-up pada area mata, sebaiknya gunakan cutton bud atau kapas kecil yang telah dibahasi make-up remover khusus yang tidak mengandung minyak untuk membersihkan make-up tersebut.

  1. Gunakan Serum Bulu Mata Dan Vitamin E

Serum bulu mata bisa membantu menutrisi bulu mata asli, terlebih untuk yang menggunakan bulu mata ekstensi. Serum ini menjaga bulu mata agar tetap kuat, tebal, dan tidak mudah rontok. Gunakan serum sebelum tidur pada malam hari. Selain serum, gunakan juga vitamin E yang memiliki kandungan antioksidan tinggi untuk merangsang pertumbuhan rambut termasuk bulu mata.

  1. Sisir Bulu Mata

Sisirlah bulu mata secara rutin agar bulu mata asli dan ekstensi tidak saling tumpang tindih atau miring. Jangan lupa untuk menyisirnya menggunakan spoolie atau sisir bulu mata secara perlahan, jangan terlalu keras.

  1. Jangan Terlalu Sering Mengucek Mata Dan Menyentuh Bulu Mata

Kebiasaan menggosok mata pada saat bangun tidur atau saat mencuci muka, bisa membuat bulu mata rusak, terlebih jika anda menggunakan bulu mata ekstensi. Jika area bulu mata terasa kotor dan gatal, gunakan cotton bud untuk menggaruk atau membersihkan area tersebut. Disarankan juga untuk tidak terlalu sering menyentuh bulu mata walaupun hanya untuk sekedar mengaguminya.

  1. Hindari Air doi Hari Pemasangan

Dalam jangka waktu 1x24 jam usai pemasangan bulu mata ekstensi, usahakan untuk menghindari kontak antara bulu mata dengan air. Sebab, lem bulu mata ekstensi membutuhkan waktu 24-48 jam agar bisa kering sempurna. Selain itu hindari panas yang berlebihan selama beberapa hari pertama. Hindari juga untuk mandi air panas karena uap air dari air panas bisa menyebabkan lem bulu mata ekstensi mudah rusak.

  1. Jangan Mencabut Bulu Mata Ekstensi Sendiri

Jika usia eyelash extension memasuki 5 minggu atau lebih, biasanya bulu mata ekstensi ini akan mulai rontok sehingga terlihat tidak teratur. Walaupun demikian jangan mengambil inisiatif untuk mencabut sisa extension tersebut sendiri. Sebab, mencabut bulu mata ekstensi sendiri berpotensi merusak bulu mata asli anda atau membuatnya rontok. Teelebih jika pencabutan tidak dilakukan dengan cara yang benar rasanya bisa sangat sakit dan dapat menyebabkan luka serta iritasi mata.

Demikian beberapa petunjuk yang bisa anda ikuti demi menjaga keawetan eyelash extension dan kesehatan bulu mata asli Anda agar tidak rontok. Jangan sampai usaha anda untuk mempercantik bulu mata justru berujung merusak bulu mata asli. Jika Anda merasa ragu, Anda dapat berkonsultasi dengan Ruhee. Ruhee akan membantu Anda untuk menemukan perawatan bulu mata ekstensi maupun bulu mata asli yang cocok. Jadi, Anda tahu apa yang harus Anda lakukan.

Subscribe to
our news & promotions

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
© Ruhee
Ruhee (PT Jelita Intan Ayu) is part of PT inspirasi Untuk Wanita
Konsultasi via WhatsApp