5 Kebiasaan yang Wajib Dihindari Agar Bulu Mata Palsu Tidak Rusak

December 19, 2021

Dari seluruh bagian wajah, mana yang paling kamu sukai? Apa itu mata? Hidung atau justru alis? Jika jawabanmu lebih berat pada mata, selain menggunakan softlens untuk mempercantik bola mata. Kamu juga bisa mencoba treatment eyelash extension di Ruhee. Treatment ini jauh lebih baik daripada memasang bulu mata palsu secara manual. Lantas, apa yang harus dilakukan setelah kamu mencoba treatment eyelash extension?  Bisakah bulu mata yang ditanam tersebut bertahan lebih lama dari usia sebenarnya?  Bagaimana cara menjaga bulu mata buatan agar tidak rontok dan rusak?

Hindari Kebiasaan Ini Jika Kamu Tidak Ingin Bulu Mata Palsu Cepat Rontok

Di mata kita terdapat beberapa komponen salah satunya bulu mata. Sayangnya tidak semua orang beruntung memiliki bulu mata lentik dan tebal. Karena itu pula treatment pemasangan bulu mata buatan sangat populer di salon kecantikan. Supaya eyelash extension yang kamu lakukan bertahan lama, hindari sejumlah kebiasaan berikut:

1. Kucek Atau Gosok Mata Ketika Membersihkan Muka

Beberapa orang terkadang memiliki kebiasaan buruk ketika membersihkan wajah salah satunya mengucek atau menggosok mata dengan keras. Apalagi jika mata dipenuhi oleh eyeliner. Padahal membersihkan wajah terlalu keras tidak hanya merontokkan foundation tapi juga bulu mata palsu. Hindari resiko kehilangan bulu mata dengan membasuh wajah secukupnya saja. Tepuk wajah menggunakan handuk lembut secara perlahan terutama di bagian mata.

2. Gunakan Oilbased Cleanser Alih-Alih Waterbased Cleanser

Kebiasaan jelek lainnya yang sering dilupakan seseorang setelah eyelash extension adalah mengaplikasikan oilbased cleanser pada make up. Alhasil lem bulu mata buatan mulai kehilangan kekuatannya sehingga bulu mata lebih mudah rontok. Daripada oilbased cleanser, beberapa terapis lebih merekomendasikan waterbased cleanser. Pembersih wajah ini mudah menyerap dengan kulit dan tidak merusak kualitas lem eyelash extension. Kamu yang terbiasa menggunakan oilbased cleanser, silahkan ganti terlebih dahulu cleanser sebelum mengaplikasikannya seperti biasa. Cara ini jauh lebih cerdas daripada kamu merusak bulu mata palsu terus menerus.

3. Tidur Tengkurap

Ironisnya posisi tidur juga mempengaruhi kualitas dan ketahanan bulu mata buatanmu. Bila kamu ingin mempertahankan usia bulu mata, cobalah tidur dalam posisi telentang.  Jika perlu, gunakan bantal dan guling sebagai teman tidur dan pengingat. Posisi tidur tengkurap tidak hanya menekan bulu mata tapi juga merusak lem eyelash extension. Alhasil, bulu mata buatan yang harusnya kuat menjadi rontok akibat lem yang berkurang kualitasnya dari hari ke hari.

4. Berendam Di Sauna

Selain menghindari kebiasaan tidur tengkurap, kamu juga wajib menjauhi kebiasaan rendam air hangat di sauna atau bath tub. Mengapa? Karena suhu panas dari air hangat memberikan efek buruk pada keawetan lem eyelash extension. Kamu tentu tidak ingin bulu mata buatan rusak dan rontok bukan? jika terpaksa mandi air hangat, usahakan tidak berendam namun langsung mandi seperti biasanya. Sehingga uap panas yang menyentuh lem eyelash extension jauh lebih sedikit.

5. Menggunakan Riasan Bulu Mata Waterproof

Dan kebiasaan terakhir yang sering dilakukan kaum hawa tanpa disengaja adalah menggunakan eyeliner atau mascara waterproof. Padahal menggunakan riasan wajah tahan air pada bulu mata palsu beresiko tinggi merusak kekuatannya. Mengapa? Tentu saja karena eyeliner dan mascara waterproof jauh lebih sulit untuk dibersihkan daripada produk make up biasa. Semakin lama kamu membersihkan bulu mata, semakin banyak pula lem yang lepas.

Sayangnya, masih banyak wanita yang melakukan lima kebiasaan tersebut setelah treatment eyelash extension. Hasilnya, bulu mata buatan yang seharusnya bertahan lama jadi lebih cepat rusak dan butuh ditreatment ulang. Agar kamu tidak mengalami kondisi tersebut, cobalah untuk menghindari lima kebiasaan di atas. Lakukan kegiatan kebalikannya agar bulu mata buatan tetap awet , rapi dan cantik.

Subscribe to
our news & promotions

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
© Ruhee
Ruhee (PT Jelita Intan Ayu) is part of PT inspirasi Untuk Wanita
Konsultasi via WhatsApp