The Beauty of Insecurities : Cerita Bareng Ardani

December 5, 2022

Bicara soal insecurities rasanya tidak ada orang di dunia ini yang tidak punya insecurities.

Belum lama ini Ruhee mengajak Ardani seorang entrepreneur, owner dari Kiloalta, dan certified yoga teacher bercerita tentang insecurities. Sempat dibully karena bentuk tubuh, penampilan, cara bicara, dan semua label "feminin" yang tidak dimiliki oleh Ardani menumbuhkan rasa insecure dalam dirinya.  

"Hai, aku Ardani. Bicara soal insecurities, gak ada orang di dunia ini yang gak punya insecurities.

Kalo dari aku insecuritiesnya tuh, oh my god where should I start. Yang pertama tadi aku bilang bentuk fisik aku di-bully seperti cowok. Terus rambut aku sekarang pendek, itu tidak membuat aku mungkin figur nya menjadi lebih feminin juga enggak. Banyak yang bilang “ini kalo ngomong ngegas banget nih”, “kayak cowok ya”, “suaranya juga besar nadanya”, “kurang lembut”.
Nah itu yang akhirnya membuat aku gak pede, insecure dengan kepribadian aku yang sebetulnya bisa dibilang very bold, very honest, dan sangat fiery banget memang orangnya.
Sekarang I embrace those qualities, dimana aku tidak lagi melihat itu sebagai suatu kekurangan tapi aku melihat itu adalah power aku yang membentuk personality aku sebagai seorang Ardani. Sebenarnya "ignore the rules" itu mungkin motto aku ya , tapi bukan dalam arti ignore the rules yang kita breaking the laws yang akhirnya merugikan orang lain. Tapi lebih kepada you can still follow the rules as long itu adalah yang memang sesuai dengan jati diri kita, yang tidak sesuai we create our own rules berdasarkan apa yang hati kita inginkan."



1. Setelah berhasil menerima diri sendiri, bagaimana perjalanan hidupmu setelah itu?

Setelah aku menerima insecurities itu, bahkan aku sudah mengubah insecurities itu menjadi sebuah kekuatan. Hidup buat aku jauh, jauh lebih bebas. Bebas dalam arti, akhirnya aku bisa mengekspresikan diri aku benar-benar mengikuti my own passion, hati aku pengen seperti apa. Apa kata orang itu udah ga signifikan lagi. Opini orang itu udah tidak lagi masuk dalam pertimbangan.  

Apalagi sekarang aku tinggal di bali, udah hampir 3 tahun di Bali. Hidup disana lebih mengakomodasi aku untuk benar-benar nuturing my personality, my unique character sebagai seorang Ardani.

2. Bagaimana proses dari penerimaan diri hingga memutuskan membentuk Kiloalta?

Selain itu dari perjalanan pulang menjadi diri sendiri, itu juga akhirnya muncul Kiloalta. Kiloalta pun itu bagian dari karir aku yang bisa dibilang lompat sana sini. Jadi aku tidak ada bidang yang sama. Karena aku merasa ilmu yang aku dapat dari mulai jadi intern, legal intern, jurnalis, beauty editor, business manager, spa consultant, itu akhirnya menjadi sebuah formula untuk membesarkan Kiloalta. Jadi dulu yang aku pikir aku tidak bisa komitmen karena selalu ganti-ganti bidang kerja, ternyata bidang kerja itulah yang aku butuhkan untuk aku membangun kiloalta bersama kakak aku.

3. Apa saja pengaruh positif yang terjadi pada dirimu sebgai owner dari Kiloalta?

Dari Kiloalta, aku belajar yang paling penting, Be honest with yourself. Karena kalau kita dengan ikhlas menjalani apa yang kita cintai, yakinkan orang di sekitar itu akan melihat sinar di dalam diri kita, ketika we are truly happy doing what we do. Jadi yang Aku belajar banyak sekali dari kehidupan perjalanan aku, dari Kiloalta you just be honest with yourself. That is the greatest self-love form that you can give to yourself.

4. Sebagai sebuah brand, apa yang ingin Kiloalta sampaikan pada semua orang?

Kiloalta sebagai wellness brand, kita juga punya cita-cita. Kita bercita-cita bahwa nantinya Kiloalta itu tidak hanya berfokus dalam body care atau beauty tools tapi kita ingin menjadi sebuah platform, wellness platform, untuk menaungi perempuan-perempuan dan laki-laki , atau siapapun yang ingin menyuarakan diri mereka atau mengekspresikan diri mereka seutuhnya.  

Karena kita punya taglinea connection to mother earth” karena kita itukan jadi satu dengan bumi ini . Jadi “a connection to mother earth” itu sama juga dengan artinya “a connection to yourself”. Jadi seperti yang tadi aku bilang juga, kembalilah kepada diri sendiri, reconnectlah dengan diri sendiri, dengan berbagai macam cara yang cocok untuk kalian. Dan disini kiloalta dengan senang hati, kita sangat bercita-cita ingin bersama-sama We grow together to be better together, dengan teman-teman semua yang ada diluar sana.


Subscribe to
our news & promotions

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
© Ruhee
Ruhee (PT Jelita Intan Ayu) is part of PT inspirasi Untuk Wanita
Konsultasi via WhatsApp