Cara Merawat Dan Melepas Bulu Mata Extension Yang Perlu Kamu Ketahui

December 19, 2021

Untuk mempercantik bulu mata, sepertinya eyelash extension masih menjadi salah satu cara yang populer. Bagaimana tidak, dengan menggunakan perawatan ini, Anda sudah tidak perlu menggunakan maskara ataupun bulu mata palsu untuk membuatnya terlihat lebih lentik dan cantik. Namun, tentunya perawatan ini tidak sempurna dan terdapat kekurangannya. Meski bisa bertahan satu hingga dua bulan, bulu mata extension akan mudah rontok apalagi jika salah perawatan. Lalu, bagaimana cara merawatnya yang baik dan tepat?

Merawat Bulu Mata Extension

Agar eyelash extension Anda tidak cepat rusak maupun rontok, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan.

  1. Jaga bulu mata tetap kering

Dalam waktu 24 jam setelah pemasangan, jaga agar bulu mata atau area sekitar mata tidak terkena air atau dalam kondisi tetap kering.

  1. Sisir secara rutin

Bulu mata, apalagi extension, pun juga perlu disisir. Rajinlah melakukan brush dengan menggunakan sikat bulu mata khusus setiap pagi setelah mandi atau mencuci muka.

  1. Hindari udara panas atau uap

Udara panas atau uap yang dihasilkan dalam sauna, steam room, atau ruang bikram yoga dapat mempengaruhi lem eyelash extension menjadi tidak awet. Maka dari itu, sebaiknya untuk tidak melakukan kegiatan ini jika melakukan eyelash extension.

  1. Gunakan water-based makeup

Banyak makeup seperti foundation, eyeliner, hingga pembersih wajah yang memiliki kandungan minyak. Padahal jenis ini bisa merusak lem yang digunakan dalam extension. Untuk itu, sebaiknya ganti makeup dan pembersih yang water-based seperti micellar water.

  1. Jangan menggosok mata

Ketika mata terasa gatal, sebaiknya gunakan cotton bud untuk meredakannya. Jangan gosok dengan tangan karena dapat merusak eyelash extension. Selain itu, gunakan pula cotton bud untuk membersihkan bulu mata sebagai pengganti kapas karena serat kapas dapat menempel dan tertinggal di bulu mata.

Cara Melepas Eyelash Extension

Sekarang, apa yang harus Anda lakukan jika bulu mata extension rontok dan Anda ingin mengembalikan keadaan bulu mata seperti semula yaitu dalam keadaan yang prima? Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan eyelash extension removal atau melepasnya sendiri.

Untuk melepas extension bulu mata sendiri, caranya sebenarnya cukup mudah. Beberapa hal yang dibutuhkan untuk eyelash extension removal sendiri antara lain: kapas, cotton bud, minyak zaitun ataupun glue remover, dan air hangat. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Bersihkan wajah dari segala makeup yang masih menempel dengan menggunakan makeup remover, cleanser atau micellar water. Jangan lupa juga untuk mencuci muka.

  2. Dengan menggunakan baskom berisi air hangat, hadapkan wajah Anda pada baskom tersebut dan biarkan uap mengenai wajah. Lakukan selama 10 hingga 15 menit agar lem pada eyelash extension melunak.

  3. Untuk melepas extension bulu mata, Anda bisa menggunakan minyak zaitun atau pembersih oil-based lainnya. Caranya bisa dengan menggunakan cotton bud atau kapas dan dioleskan sepanjang garis bulu mata. Lakukan secara perlahan agar minyak tidak masuk ke mata hingga bulu mata dan lem yang menempel terlepas. Setelah itu, diamkan sebentar selama 5 menit. Jika menggunakan glue remover, pastikan untuk menggunakannya sesuai petunjuk.

  4. Bersihkan wajah dengan air hangat agar sisa minyak hilang lalu beri pelembap atau krim mata agar kulit dan area sekitar mata bisa kembali sehat.

Merawat dan melepas bulu mata extension memang mudah. Tetapi dalam setiap langkahnya Anda perlu hati-hati agar tidak terjadi kerusakan berlanjut pada bulu mata Anda. Sebaiknya, konsultasikan juga pada dokter kecantikan ataupun ahli terkait seperti Ruhee sebelum melakukan eyelash extension maupun bagaimana cara yang tepat untuk menjaga, merawat, ataupun melepas extension bulu mata. Jika Anda datang ke Ruhee, ANda akan menemukan rumah sekaligus tempat ternyaman untuk berkonsultasi melakukan eyelash extension.

Subscribe to
our news & promotions

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
© Ruhee
Ruhee (PT Jelita Intan Ayu) is part of PT inspirasi Untuk Wanita
Konsultasi via WhatsApp