5 Hal Penyebab Bulu Mata Rontok Dan Cara Mengatasinya

December 19, 2021

Bulu mata merupakan salah satu komponen untuk mendukung penampilan pada area mata. Setiap perempuan pasti ingin memiliki bulu mata yang tebal dan lentik. Sehingga tidak jarang para perempuan menggunakan bantuan make up untuk menegaskan bulu mata mereka. Tetapi, layaknya rambut, bulu mata juga dapat mengalami kerontokan hingga kebotakan. Bulu mata yang rontok akan membuat kamu semakin sulit memiliki bentuk bulu mata yang sempurna.

5 Penyebab Bulu Mata Rontok

Beberapa penyebab bulu mata rontok beradasarkan analisis Ruhee sebagai salon kecantikan terbaik di Jakarta karena kebiasaan sehari-hari yang tidak disadari, tetapi beberapa diantaranya disebabkan karena masalah kesehatan yang membutuhkan penanganan tenaga medis.

1. Kebiasaan Mengucek Mata

Mungkin kamu tidak akan sadar bahwa kebiasaan mengucek mata dapat menyebabkan bulu mata rontok. Selain itu kebiasaan mengucek mata juga tidak baik untuk kesehatan mata. Oleh karena itu usahakan untuk tidak mengucek mata terlalu keras dan terlalu sering.

2. Penggunaan Maskara

Maskara merupakan make up untuk membantu membuat bulu mata terlihat lebih tebal. Tetapi ternyata terlalu sering menggunakan maskara dapat menyebabkan bulu mata rontok. Terlebih jika maskara yang digunakan memiliki sifat waterproof. Pasalnya maskara waterproof akan membuat bulu mata menjadi kaku dan dibutuhkan usaha lebih keras untuk membersihkannya. Sehingga bulu mata akan rusak selama proses pembersihan tersebut.

3. Penggunaan Penjepit Bulu Mata

Biasanya penjepit bulu mata digunakan untuk membuat bulu mata lebih lentik. Tetapi ternyata penggunaan penjepit ini justru membahayakan bulu mata dan dapat membuatnya rontok. Terlebih jika bulu mata telah diaplikasikan maskara sebelumnya. Bulu mata dapat menempel pada penjepit tersebut.

4. Peradangan Kelopak Mata

Peradangan kelopak mata atau dikenal dengan istilah ‘blefaritis’ merupakan kondisi dimana kelopak mata mengalami peradangan atau infeksi. Infeksi ini dapat disebabkan karena infeksi kuman, bakteri, cedera, atau alergi. Jika peradangan berlangsung lama disertai dengan rasa sakit pada area mata, lebih baik untuk memeriksakannya ke dokter agar segera mendapatkan pengobatan.

5. Alopecia

Kerontokan bulu mata secara terus menerus dapat disebabkan karena penyakit autoimun yang disebut ‘Alopecia’. Penyakit ini menyebabkan kerontokan rambut, alis, bulu mata, dan rambut pada bagian tubuh lainnya.

Cara Mengatasi Bulu Mata Rontok

Itulah beberapa penyebab bulu mata mengalami kerontokan. Tetapi jangan khawatir, masalah tersebut dapat diatasi dengan beberapa bahan alami berikut:

1. Lidah Buaya

Lidah buaya memang dikenal baik untuk kesehatan rambut. Selain menyuburkan, vitamin dan mineral dari lidah buaya dapat membantu melembabkan area sekitar mata. Caranya cukup dengan oleskan gel lidah buaya pada bulu mata menggunakan cotton bud.

2. Minyak Zaitun

Cara mengaplikasikan minyak zaitun, sama seperti lidah buaya. Minyak ini selain dapat mempercepat pertumbuhan tetapi juga dapat memperkuat bulu mata.

3. Minyak Almond

Minyak almond juga dapat diaplikasikan langsung pada bulu mata dan dapat membantu memperkuat bulu mata karena kandungan antioksidan yang tinggi.

4. Santan Kelapa

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan santan kepala. Cara penggunaanya cukup mudah, ambil santan kelapa, lalu oleskan kebagian bulu mata (bisa menggunakan kapas atau cotton bud) lalu diamkan selama 10-15 menit. Maka kandungan lemak baik dan protein dapat merawat kesehatan bulu mata.

5. Teh Hijau

Mengompres mata selama 15-20 menit menggunakan teh hijau dingin dapat menyuburkan dan merangsang pertumbuhan bulu mata.

Bahan-bahan tersebut di atas dapat membantu mengatasi bulu mata yang rontok, serta merangsangnya untuk tumbuh kebali secara normal. Selain dengan bahan-bahan tersebut pola hidup yang benar seperti menghentikan kebiasaan mengucek mata, membersihkan make up dengan benar sebelum tidur, dan menghindari make up mata yang waterproof dapat menghindari bulu mata rontok kembali. Atau kamu bisa mengatasi masalah bulu mata rontok mu dengan melakukan treatment lash filler di Ruhee.

Subscribe to
our news & promotions

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
© Ruhee
Ruhee (PT Jelita Intan Ayu) is part of PT inspirasi Untuk Wanita
Konsultasi via WhatsApp