Mengenal Bedanya Eyelash Extension dan Bulu Mata Palsu

December 19, 2021

Mata merupakan salah satu  bagian  tubuh  yang sangat penting diperhatikan untuk  menunjang tampilan wajah. Bahkan, umumnya orang mendapat first impression dengan memperhatikan bagian  mata seseorang. Bulu mata yang lebat, panjang, dan lentik dinilai membuat mata menjadi lebih hidup, mengisyaratkan kepribadian yang menarik. Karena itulah, hampir semua perempuan berlomba-lomba untuk membentuk bulu mata yang sempurna. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk itu, di antaranya seperti eyelash extension (extension bulu mata) dan memakai bulu mata palsu (fake lashes). Extension bulu mata atau menyambung bulu mata kini banyak dipilih para perempuan untuk bisa tampil memukau tanpa harus menggunakan maskara dan eyeliner setiap harinya. Cara konvensional seperti memakai fake lashes juga masih sering digunakan. Tapi apa sih sebenarnya perbedaan dari keduanya? yuk langsung simak pembahasan berikut ini!

Perbedaan Eyelash Extension dan Bulu Mata Palsu

Setidaknya ada 5 perbedaan antara extension bulu mata dan fake lashes.

1. Teknik Pemasangan

Extension bulu mata memiliki teknik pemasangan yang lebih sulit dibandingkan fake lashes, yaitu dengan cara menyambung bulu mata buatan pada tiap helai bulu mata yang asli memakai lem khusus. Jarak penempelan bulu mata buatan dengan akar bulu mata asli tidak terlalu dekat karena dikhawatirkan akan iritasi. Sedangkan teknik pemasangan fake lashes sangat mudah, karena sudah berbentuk rangkaian bulu mata buatan yang ditempel rapi di sehelai senar nilon tipis. Jadi, tinggal ditempelkan di atas garis mata menggunakan  lem khusus (dapat dibeli di toko fake lashes dan tersedia dalam warna putih dan hitam).

2. Daya Tahan Pemakaian

Extensions bulu mata biasanya dapat bertahan antara 3 sampai 4 minggu. Itu juga bergantung dari perawatan yang dilakukan. Jika dirawat dengan baik, bisa bertahan sampai satu bulan lebih. Berbeda dengan fake lashes yang  biasanya hanya bertahan dalam hitungan jam, bisa 4 – 12 jam. Ketahanannya dipengaruhi oleh pemilihan model bulu mata yang harus sesuai dengan bentuk mata, lem yang digunakan, beserta cara memakainya.

3. Teknik Perawatan

Teknik perawatan extension bulu mata sangat membutuhkan effort. Bila tertiup angin kencang, bulu mata bisa rusak, berantakan panjang sebelah, bahkan  terbelah menjadi dua. Jadi, agar tetap rapi dan on point, harus sering disisir menggunakan sisir khusus bulu mata. Selain itu, usai extension bulu mata, juga dianjurkan untuk tidak terlalu sering menggunakan maskara karena akan sulit dibersihkan. Untuk membersihkan maskara pun diharuskan menggunakan  pembersih make up yang water-based. Hal tersebut dikarenakan pembersih oil-based  bisa membuat extension bulu mata menjadi tidak tahan lama. Sedangkan fake lashes tak butuh perawatan khusus. Kalau sudah selesai dipakai bisa langsung dibuang. Bisa juga disimpan di tempat yang aman  (kalau bulu mata tersebut reusable).

4. Harga

Extension bulu mata jelas lebih unggul secara kualitas jika dibandingkan dengan bulu mata palsu. Memang tidak bisa dipungkiri, kualitas biasanya sebanding dengan  harga. Itu sebabnya extension bulu mata memiliki harga lebih mahal dibandingkan dengan fake lashes sekali pakai. Harganya berkisar mulai 300 ribu sampai jutaan rupiah, bergantung dari jenis yang digunakan. Sedangkan fake lashes bisa dibelibdengan harga murah mulai dari 5 ribuan rupiah.

Pembahasan 4 Perbedaan antara eyelash extension dan bulu mata palsu di atas bisa menjadi pertimbangan kamu dalam memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu Keduanya memiliki kekurangan dan keunggulan. Di antara keduanya, mana yang kamu butuhkan? Jangan ragu menentukan pilihan, kamu bisa mempercayakan Ruhee untuk melakukan eyelash extension Jakarta dengan hasil yang dijamin kamu sendiri jadi pangling.

Subscribe to
our news & promotions

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
© Ruhee
Ruhee (PT Jelita Intan Ayu) is part of PT inspirasi Untuk Wanita
Konsultasi via WhatsApp