Sulam Alis Haram? Ini Alternatif Halal Agar Alismu Tetap Indah

December 19, 2021

Alis merupakan bagian dari anggota tubuh yang memiliki fungsi yaitu memberi perlindungan bagi mata terhadap air dan debu. Karena dianggap penting, maka perawatan alis perlu dilakukan untuk menjaga alis tetap sehat dan indah. Salah satu perawatan alis tersebut adalah sulam alis. Menyulam alis merupakan metode perawatan alis yang cukup banyak digunakan, khususnya bagi aktor atau aktris dari berbagai penjuru dunia. Meskipun begitu,  sulam alis ini dianggap haram oleh sebagian muslim, sehingga mereka memilih menggunakan metode lain yang halal.

Alternatif Perawatan Alis yang Halal

Sulam alis merupakan metode perawatan alis yang bekerja dengan cara menyuntikkan pigmen pada lapisan kulit ke-2 dengan menggunakan jarum elektrik yang disebut dengan microblade. Proses pengerjaaan metode menyulam alis dapat memakan waktu hingga 2 jam. Pengerjaan tersebut meliputi membentuk alis dengan cara microblading dan penggunaan vaseline dan antibiotik. Untuk hasil dari metode menyulam alis sendiri tidak permanen dan dapat bertahan hingga 3 tahun. Menyulam alis memiliki manfaat yaitu memperbaiki bentuk alis dan menjadikan tampilan wajah lebih menarik. Namun, dibalik manfaat tersebut, terdapat efek samping dari metode menyulam alis, yaitu menyebabkan iritasi pada kulit dan menghambat pertumbuhan alis secara alami. Selain itu, metode menyulam alis kerap dianggap haram oleh sebagian kaum muslim karena metode tersebut hampir dengan metode memberikan tato. Hanya saja, terdapat sedikit perbedaan pada bentuk jarum yang digunakan dan juga lapisan kulit yang diberikan pigmen. Oleh karena itu, bagi anda yang khawatir dengan metode menyulam alis ini, berikut disajikan beberapa alternatif metode perawatan alis yang halal dan tentunya dapat membuat alis tetap indah.

1. Menyisir Alis secara Rutin

Metode perawatan alis yang satu ini tergolong cukup mudah dan aman karena anda hanya perlu menyisir alis anda dengan menggunakan kuas khusus untuk alis. Dengan menyisir alis, maka sel kulit mati yang berada di bawah alis dapat terkelupas dan terangkat. Selain itu, metode menyisir alis juga mampu membantu aliran darah tetap lancar sehingga mendorong pergantian rambut pada alis secara alami.

2. Menggunakan Pensil Alis

Merawat alis dengan menggunakan pensil alis dapat dilakukan dengan cara membuat garis di bawah alis dengan menggunakan pensil alis, lalu arsir bagian ujung hingga tengah alis mengikuti arah tumbuhnya rambut alis, dan yang terakhir adalah menyikat pangkal alis ke dalam arah alis dengan menggunakan spoolie brush.

3. Mengaplikasikan Bahan Alami pada Alis

Bahan alami seperti lidah buaya, minyak zaitun, minyak jarak, santan kelapa dan lemon dapat dijadikan alternatif agar alis anda tetap indah. Anda dapat mengaplikasikan secara langsung bahan alami tersebut pada rambut alis, lalu diamkan selama beberapa menit hingga akhirnya dibilas menggunakan air.

4. Menggunakan metode eyebrow tinting

Eyebrow tinting merupakan metode perawatan alis dengan cara memberikan tinta pada alis. Tinta disini merupakan tinta alis yang halal dan tidak membahayakan pada kesehatan alis. Di klinik kecantikan, dokter umumnya mengaplikasikan teknik eyebrow tinting dengan menggunakan aplikator berbentuk spiral dan pipih. Metode ini tentu berbeda dengan sulam alis karena tinta diaplikasikan pada alis, bukan pada lapisan kulit.

5. Menggunakan Metode Brow Bomber

Brow bomber merupakan metode merawat alis yang dilakukan dengan cara merapikan bulu alis secara alami, sehingga alis anda akan terlihat indah dan juga sehat. Adapun langkah pengerjaan metode brow bomber ini adalah dengan membersihkan alis dari kotoran, lalu membentuk alis dengan metode brushing, dan yang terakhir adalah pemberian krim dengan tujuan mempertahankan bentuk alis. Karena pengerjaannya cukup rumit, metode brow bomber ini umum dilakukan di klinik kecantikan. Metode brow bomber memiliki manfaat yaitu mengisi kebotakan pada alis dan membuat alis tampak lebih tebal dan indah. Selain itu, metode ini tentunya halal untuk digunakan,karena krim yang digunakan tidak mengandung bahan-bahan yang terlarang, sehingga dapat dijadikan alternatif perawatan alis selain sulam alis.

Demikianlah beberapa metode perawatan alis yang dapat dijadikan alternatif perawatan alis selain sulam alis. Apabila anda ingin melakukan perawatan alis di klinik kecantikan, maka pilihlah klinik kecantikan yang terpercaya agar hasil tidak mengecewakan. Anda bisa memilih Ruhee sebagai pilihan untuk melakukan treatment.

Subscribe to
our news & promotions

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
© Ruhee
Ruhee (PT Jelita Intan Ayu) is part of PT inspirasi Untuk Wanita
Konsultasi via WhatsApp