Sebelum Melakukan Sulam Alis, Ketahui Efek Sampingnya

July 31, 2020

Ketika melakukan riasan pada wajah, bagian alis merupakan bagian yang mendapatkan perhatian khusus. Pasalnya memiliki alis yang cantik, simetris, dan cocok dengan wajah sangat menunjang penampilan seorang perempuan. Bahkan banyak perempuan mengakui bahwa terkadang mereka tidak membutuhkan banyak riasan di bagian mata atau pipi, tetapi sudah cukup percaya diri untuk melakukan aktivitas di luar rumah jika telah membentuk alis mereka. Sebagian perempuan tidak memiliki masalah untuk menggambar alis setiap saat, tetapi sebagian lainnya merasa kerepotan jika harus memoles alis terlalu sering. Salah satu teknik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan sulam alis. Teknik ini adalah teknik untuk menambah volume alis dengan cara menanam pigmen pada lapisan epidermis.

Efek Samping dari Sulam Alis

Sulam alis merupakan solusi praktis agar kamu tidak repot menggambar alis setiap waktu. Tetapi diluar manfaat praktis yang diberikan, ternyata teknik ini juga memberikan beberapa efek samping. Berikut beberapa efek samping yang harus kamu ketahui sebelum melakukan pemyulaman alis :

1. Rasa Sakit Saat Proses Pengerjaan

Proses pengerjaan penyulaman alis dilakukan dengan membuat sayatan menggunakan pen atau ujung pisau kecil yang telah diolesi tinta. Walaupun telah diberikan anastesi sebelumnya, pada beberapa kasus pasien tetap merasakan sakit selama proses pengerjaan. Hal tersebut disebabkan karena tingkat toleransi setiap orang berbeda-beda.

2. Merusak Lapisan Kulit Epidermis

Tinta sulam akan menembus lapisan kedua kulit. Walaupun tidak seperti tato yang menembus pada lapisan kulit keempat, pada beberapa kasus terdapat kemungkinan lapisan kulit akan mengelupas. Selain itu, saraf alis yang terkena goresan jarum akan rusak dan menyebabkan peredaran darah pada area sekitar alis menjadi tidak lancar.

Sebelum Melakukan Sulam Alis, Ketahui Efek Sampingnya

3. Resiko Iritasi Pada Kulit

Proses pengerjaan sulam alis dapat menimbulkan luka pada kulit, sehingga terdapat kemungkinan timbul iritasi pada area sekitar alis. Tinta yang ditanamkan pada alis juga dapat menyebabkan iritasi yang ditandai dengan munculnya bercak merah, rasa panas, dan bengkak. Terlebih untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, tidak disarankan untuk melakukan perawatan ini.

4. Resiko Infeksi

Lebih berbahaya dari sekedar iritasi, penyulaman pada alis dapat menyebabkan infeksi. Infeksi tersebut dapat disebabkan oleh penggunaan tinta sulam yang mengandung bahan kimia. Selain itu infeksi juga dapat disebabkan oleh benda asing atau kuman yang menempel pada alat sulam ketika tidak disterilisasi dengan baik. Pengerjaan oleh bukan tenaga ahli dan di lokasi yang kurang bersih dapat beresiko terinfeksi hepatitis atau bahkan HIV/AIDS. Infeksi ini ditandai dengan mata yang membengkak dan pada kondisi lebih lanjut dapat memicu munculnya nanah.

5. Menghambat Pertumbuhan Alis Alami

Jarum sulam yang melakukan penetrasi hingga lapisan kulit kedua, dapat mengganggu akar rambut alis asli. Hal tersebut dapat menyebabkan alis rontok atau bahkan tidak dapat tumbuh kembali karena terjadi kerusakan pada akarnya. Kerontokan alis asli tidak akan sampai membuat alis botak, tetapi kesuburannya yang terganggu.

6. Ketergantungan

Tinta sulam alis biasanya bertahan 1-3 tahun. Semakin lama warna tinta akan semakin memudar. Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa perawatan ini akan membuat pertumbuhan alis tidak normal. Sehingga ketika warna tinta telah memudar, dibutuhkan penyulaman kembali. Kejadian tersebut akan terus berlangsung tanpa berhenti.

Sebelum kamu memutuskan untuk melakukan sulam alis, kamu harus mengetahui beberapa efek samping tersebut di atas. Ketika kamu telah mengetahui efek sampingnya dan tetap memutuskan untuk melakukan perawatan ini, pastikan kamu sedang tidak menstruasi, tidak sedang hamil, tidak pernah menerima transplantasi organ, memiliki daya tahan tubuh yang kuat, dan tidak menderita penyakit kulit tertentu seperti eksim atau keloid. Selain itu pastikan untuk memilih klinik terbaik dan profesional untuk melakukan penyulaman alis seperti di Ruhee.

subscribe to
our news & promotions

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Senayan City 081197101822

Setiabudi Two 081113014832

Sunter POP Nail Bar 081112207105

Makassar 081113018019

© Ruhee
Konsultasi via WhatsApp
Ruhee JakartaRuhee Makassar